Saturday, May 24, 2014

LUCUNYA Penghuni Baru Bayi Lumba Lumba Ancol

                     
 

                 

                                           

Lucu! Ancol Punya Bayi Lumba-lumba Baru


Jakarta - Ada kabar bahagia dari Ocean Dream Samudera, Ancol. Seekor lumba-lumba di sana baru saja melahirkan bayi yang lucu dan menggemaskan pada akhir Maret 2014 lalu. Penasaran?


Ocean Dream Samudera yang dulunya dikenal dengan nama Gelanggang Samudera kini menambah koleksi lumba-lumbanya menjadi 28 ekor. Lumba-lumba yang baru lahir, nantinya akan meramaikan atraksi pertunjukan di Ocean Dream Samudera.

                                          

"28 Maret 2014 baru saja lahir dolphin baru di Ocean Dream Samudera. Lahirnya setelah 13 bulan melalui proses yang panjang," ujar Manager Operasional Ocean Dream Samudera, Sunarto dalam jumpa pers di Underwater Theater, Ocean Dream Samudera, Ancol, Jakarta, Kamis (8/5/2014).

                                             

Bayi lumba-lumba yang belum diketahui jenis kelamin dan belum diberi nama ini lahir dengan selamat. Kelahirannya sendiri tepat pukul 11.11 WIB, dengan proses mencapai 2 jam.

"Awalnya itu di USG pada 20 Juli 2012, sudah terlihat ada bayi lumba-lumba yang panjangnya 18 cm," ucap Sunarto.

Setelah itu, lanjut Sunarto, tim konservasi dari Ocean Dream Samudera terus memantau induk lumba-lumba yang hamil itu. Usut punya usut, lumba-lumba yang juga mamalia seperti manusia punya cara melahirkan yang unik lho!

"Kalau bayi manusia itu yang keluar lebih dulu kepala, tapi kalau lumba-lumba itu yang keluar ekor terlebih dulu atau biasa disebut fluke," kata Sunarto menjelaskan.


Bayi lumba-lumba tersebut akan terus diawasi oleh tim konservasi Ocean Dream Samudera selama 2 minggu setelah kelahirannya. Hal itu untuk memastikan asupan ASI dari induknya terpenuhi dan menambah suplemen dan vitamin untuk sang bayi.

                                       

Asal tahu saja, bayi lumba-lumba akan menyusui sampai usia satu setengah bulan. Saat usianya mencapai 9 bulan, bayi lumba-lumba sudah bisa memakan ikan yang dikunyah lebih dulu oleh induknya. Bayi lumba-lumba akan terus berada di kolam karantina yang tak bisa dimasuki sembarang orang.

"Bayi lumba-lumba ini baru siap dipentaskan di Underwater Theater atau di tempat pertunjukan lain di Ocean Dream Samudera pada usia 4-5 tahun," pungkas Sunarto kepada detikTravel.

sumber : http://travel.detik.com/read/2014/05/08/140635/2577164/1382/1/lucu-ancol-punya-bayi-lumba-lumba-baru

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment